Promosi Pelayanan KHIBA Kabupaten Banyumas Tahun 2016

Rabu, 08 Maret 2017 | 1647 Kali
Promosi Pelayanan KHIBA Kabupaten Banyumas Tahun 2016

Rabu, 8/3/2017 bertempat di Pendopo Kecamatan Lumbir diadakan Promosi Pelayanan KHIBA (Kelangsungan Hidup Ibu, Bayi dan Anak) Kabupaten Banyumas Tahun 2017. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas (KH. Taefur Arofat, M.Pd), Kasi Pengendalian Penduduk dan KIE (Slamet Hartoni, SH), Camat Lumbir, Ka Puskesmas Lumbir, PPKBD (10 orang), Sub PPKBD (65 orang) dan PKBRW (37).

Camat Lumbir (Budi Nugroho, S.STP, M.Si) dalam sambutanya bahwa KHIBA atau Kelangsungan Hidup Ibu, Bayi dan Anak adalah sangat penting untuk disosialisasikan kepada seluruh elemen masyarakat dikarenakan permasalahan ini sangat penting dan akan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Guna mengantisipasi dan pencegahan dini terhadap adanya kematian Ibu, Bayi dan Anak yang dilahirkan maka kita  seyogyanya menerapkan hindari dari 4 T, yaitu:

1. Terlalu Muda melahirkan

2. Terlalu Tua melahirkan

3. Terlalu Banyak melahirkan

4. Terlalu Sering melahirkan

Hal yang juga sangat perlu untuk diperhatikan adalah PPKBD, Sub PPKBD dan PKBRW harus tahu, paham dan memantau terkadap keberadaan BUMILRESTI (Ibu Hamil dengan Resiko Tinggi) yaitu para ibu yang sudah berumur 35 tahun ke atas dengan kondisi yang tidak sehat.

Berikan pemahaman kepada warga masyarakat untuk mau mengikuti KB MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) dengan jenisnya berupa MOP, MOW, IUD dan Implan atau susuk supaya sedini mungkin dapat meningkatkan Kelangsungan Hidup Ibu, Bayi dan Anak.

 

 

Related Posts

Font
Senin, 09 November 2015

Komentar