Ketua TP PKK Kab. Banyumas Hadiri Sosialisasi UU Perkawinan di Kecamatan Lumbir

Ketua TP PKK Kab. Banyumas Hadiri Sosialisasi UU Perkawinan di Kecamatan Lumbir

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Banyumas, Ny. Erna Achmad Husein, hadiri kegiatan Penyuluhan Hukum Pencegahan Perkawinan Anak (CEPAK) dan Sosialisasi UU No.16 Tahun 2019 tentang Perkawinan dan Gerakan "Jo Kawin Bocah" di Aula kecamatan Lumbir (Selasa, 14 September 2021). Kegiatan yang diselenggarakan oleh TP PKK Kabupaten Banyumas dan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang dampak negatif akibat perkawinan anak ini diikuti oleh Pengurus TP PKK Kabupaten Banyumas, Camat Lumbir, Ketua TP PKK Kecamatan Lumbir beserta pengurusnya, para Ketua TP PKK Desa se Kecamatan Lumbir dan perwakilan remaja se Kecamatan Lumbir serta narasumber dari Kepala KUA kecamatan Lumbir dan Kepala Puskesmas Lumbir. 

Dalam sambutannya Camat Lumbir yang diwakili Sekretaris Kecamatan, menyampaikan terima kasih kepada TP PKK Kabupaten Banyumas yang telah memberikan kepercayaan kepada TP PKK Kecamatan Lumbir sebagai tempat kegiatan penyuluhan hukum pencegahan perkawinan anak dan sosialisasi UU Perkawinan ini dan berpesan kepada para peserta sosialisasi untuk mengikuti kegiatan ini dengan tekun dan semangat sehingga dapat memahami materi yang akan disampaikan para narasumber.

Sementera itu dalam sambutannya Ketua TP. PKK Kabupaten Banyumas mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk diketahui para orangtua dan remaja mengingat sampai saat ini masih ada anak-anak yang belum cukup umur melangsungkan perkawinan sehingga berpotensi menimbulkan permasalahan di kemudian hari baik dari aspek kesehatan fisik dan mental, sosial ekonomi maupun kekerasan dalam rumah tangga sehingga dikhawatirkan akan melahirkan keturunan atau generasi yang kurang sehat dan cerdas atau stunting. Oleh karenanya semua pihak harus bersinergi dalam mencegah terjadinya perkawinan anak dan diharapkan kegiatan sosialisasi ini tidak berhenti di tingkat kecamatan tetapi diteruskan sampai di tingkat desa, agar semua masyarakat mengetahui permasalahan ini.

 

 

 

Related Posts

Komentar