Kegiatan Senam  Bersama & Sosialisasi Urban Farming

Kegiatan Senam Bersama & Sosialisasi Urban Farming

Pada hari Jumat tanggal 13 Juni 2024 dimulai pukul 07.30 Wib s.d 09.30 Wib bertempat d halaman Kec. Lumbir Kab. Banyumas telah dilaksanakan kegiatan Senam Bersama Lintas Sektoral dilanjutkan dengan Sosialisasi Urban Farming dalam Rangka Ketahanan Pangan dengan Memanfaatkan Lahan Pekarangan dan emperan Rumah di wilayah Kecamatan Lumbir kabupaten Banyumas dengan Penanggungjawab ibu Susanti Tri Pamuni, S.STP.M.Si ( Camat Lumbir) yang diikuti lk 200 Orang.

Acara yang dihadiri Camat Lumbir ( Susanti Tri Pamuji, S.STP.M.Si ) beserta Kasi dan Stafnya,Danramil 20/Lumbir ( Lettu Arh Saringan ) beserta anggota,Kapolsek Lumbir ( Iptu Catum ) beserta angggota,Kepala Dinas/Instansi sekecamatan Lumbir,Seluruh Kepala desa sekecamatan Lumbir,Pendamping desa dan Pendamping lokal desa,Pendamping PKH Kecamatan Lumbir,TKSK Kecamatan Lumbir dan Perwakilan KWT masing-masing desa sekecamatan Lumbir diharapkapkan dapat meningkatkan kondisi fisik,menurunkan risiko penyakit kronis,memelihara kesehatan mental,meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan konsentrasi.

Dilanjutkan Sosialisasi Urban Farming dari Jalu Mas /Jaringan Luar biasa Banyumas ( Ibu Upie ) dengan catatan sebagai berikut :

  • Urban Farming adalah memanfaatkan lahan yang sempit untuk tanaman.
  • Hormon tumbuhan, atau fitohormon, adalah sekumpulan senyawa organik bukan hara, baik yang terbentuk         secara alami maupun dibuat oleh manusia. 
  • Ketahanan pangan melalui menanam ubi jalar dengan menggunakan karung dapat menghasilkan yang melimpah.
  • Membuat makanan pokok bukan saja dengan Padi tetapi dengan singkong dan talas.
  • Halaman rumah tidak boleh kosong harus ditanami sayur mayur supaya dapat menghasilkan tambahan dan sehat.
  • Penyiraman tanaman kalau pagi dari pukul 07.00 sd 09.00 Wib dan sore pukul 15.00 sd 17.00 Wib.
    - Media tanam yang bagus dengan campuran tanah, pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1
  • cara persemaian dengan Wadah persemaian sebaiknya diletakan ditempat yang tidak terkena matahari langsung, karena apabila terkena matahari langsung akan membuat benih menjadi mati.

Related Posts

Komentar