Asisten Pemerintahan dan Kesra Launching Inovasi Pelayanan Data, Informasi dan Keterbukaan Informasi Publik Kecamatan Lumbir

Asisten Pemerintahan dan Kesra Launching Inovasi Pelayanan Data, Informasi dan Keterbukaan Informasi Publik Kecamatan Lumbir

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Banyumas, Ir Didi Rudwianto, SH, M.Si launching Inovasi Pelayanan Administrasi, Data, dan Keterbukaan Informasi Publik pada Kecamatan Lumbir (Rabu, 1 September 2021). Acara yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Lumbir ini dihadiri oleh Para Kepala Dinas/Instansi terkait Kabupaten Banyumas (Bappedalitbang, Dinkominfo, Dindukcapil, Dinsospermades, BPS), para Kepala Dinas/Instansi Tingkat Kecamatan Lumbir (Koramil, Polsek, Puskesmas, Korwilcam Pendidikan, BP Pertanian, PLKB) dan para Kepala Desa se Kecamatan Lumbir.

Dalam sambutannya Camat Lumbir, Drs. Dwi Nur Wijayanto, MPP.,M.Eng. melaporkan bahwa inovasi pelayanan data dan informasi ini merupakan salah satu wujud penerapan konsep e-government atau electronic government di Kecamatan Lumbir, yaitu suatu sistem dimana pemerintah menggunakan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet dalam memberikan pelayanan dan juga informasi kepada publik sebagaimana diamanatkan dalam Inpres RI Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government. Dalam Inpres tersebut disebutkan bahwa setiap lembaga pemerintahan, baik di tingkat pusat maupun di daerah wajib membuat, mengembangkan serta menerapkan konsep e-government pada masing-masing lembaga, terutama berkaitan dengan penyediaan informasi kepada publik. Hal ini juga sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang menyatakan bahwa Badan Publik wajib menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan Informasi Publik yang berada di bawah kewenangannya kepada pemohon informasi publik, selain informasi yang dikecualikan sesuai ketentuan perundang-undangan. Informasi publik yang diterbitkan harus akurat, benar dan tidak menyesatkan.

"Berdasarkan amanat Undang-Undang tersebut maka kami ingin membangun website Kecamatan Lumbir yang lebih berkualitas dengan tujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh layanan dan akses data serta informasi yang dapat diserap dalam volume yang besar secara cepat dan akurat oleh masyarakat." Demikian dikatakan oleh Camat Lumbir dalam laporannya kepada Asisten Pemerintahan dan Kesra. 

Dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan dan Kesra menyampaikan bahwa data dan informasi memiliki peran yang sangat penting dan strategis untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat baik yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan maupun pelayanan masyarakat. Oleh karenanya data harus disusun dengan akurat dan benar serta mudah diakses oleh masyarakat sesuai ketentuan perundang-undangan. Dengan meningkatnya kemajuan di bidang tekhnologi informasi, semua data dan informasi bisa ditampilkan dan diakses dengan mudah hanya dengan sebuah handphone atau telepon genggam. "Saya sangat mengapresiasi dan mendukung inovasi pelayanan data dan informasi yang digagas oleh Camat Lumbir ini dengan mengembangkan website Kecamatan Lumbir untuk meningkatkan pelayanan administrasi, data dan Keterbukaan Informasi Publik. Saya berharap bahwa inovasi ini tidak hanya dibuat untuk kebutuhan saat ini tetapi harus terus dipertahankan bahkan terus dikembangkan dan diupdate datanya sehingga menjadi website yang berkualitas. Oleh karenanya dukungan dari Dinas/stakeholder terkait baik di tingkat kabupaten maupun di Kecamatan Lumbir sangat diperlukan." Demikian dikatakan Asisten Pemerintahan dan Kesra dalam sambutannya. 

Acara launching ini mendapatkan sambutan yang sangat baik dari para tamu undangan. Mereka sangat mengapresiasi dan mendukung atas diluncurkannya inovasi pelayanan data dan informasi melalui pengembangan website ini serta menyatakan siap mensupport data yang dibutuhkan sesuai tugas dan fungsi serta kewenangan organisasinya. Mereka berharap keberadaan website Kecamatan Lumbir ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

Related Posts

Komentar