Sosialisasi Kartu Tani di Kelompok Tani Enggal Mulya

Sabtu, 10 Pebruari 2018 | 3215 Kali
Sosialisasi Kartu Tani di Kelompok Tani Enggal Mulya

Jumat,09/02/2018 bertempat di Balai RW VI Desa Lumbir Kecamatan Lumbir telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Kartu Tani dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi. Hadir pada kegiatan tersebut Koordinator PPL Lumbir, Babinkamtibmas Polsek Lumbir, Babinsa Koramil 20 Lumbir, Penyuluh Pertanian Kecamatan Lumbir, Penyuluh Pertanian Swadaya, Pengurus Kelompok Tani Enggal Mulya, Pengurus Koperasi Kelompok Tani Enggal Mulya dan warga masyarakat RW VI Kalisalak Desa Lumbir Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas dengan jumlah undangan yang hadir sekitar 350 orang.

Ketua Kelompok Tani Enggal Mulya, Mujiono, SH dalam sambutan pembuka menyampaikan bahwa keberadaan kelompok tani adalah sebagai wadah petani untuk bertukar informasi belajar,menginventarisir masalah pertanian sekaligus mencari solusi dalam rangka menjadi petani kekinian dan berkemajuan yaitu petani yang berani memadukan metode pertanian lokal dan ilmu pengetahuan.

Babinkamtibmas Polsek Lumbir, Brigadir Polisi Dede dalam acara tersebut menginformasikan rekruitmen anggota polisi tahun 2018.

Koordinator PPL Lumbir,  Sumarsono, SP sebelum memberikan penyuluhan dalam acara sosialisasi menyampaikan dengan harba beras yang tinggi seharusnya menjadi keuntungan tersendiri bagi petani yang sysah memasuki masa panen, hanya yang menjadi permasalahan dan perlu diatur lebih baik adalah tata kelola gabah ditingkat petani, dimana selama ini petani setelah panen langsung menjual habis hadil pertanian berupa gabah sehingga ketika harga gabah berangsur naik petani tidak bisa ikut menikmati, malah terkadang petani ikut nempur (beli beras).

Panuju. AMd , Penyuluh Pertanian untuk wilayah Lumbir menjelaskan bahwa Kartu Tani ini adalah sebuah ikhtiar penerintah dalam menata tata kelola pupuk bersubsidi sehingga bisa dusalurkan sesuai peruntukannya dan tidak jatuh kepada yang tidah berhak memperolehnya. Kegiatan diakhiri dengan simulasi penggunaan kartu tani.

 

Related Posts

Komentar